Ide Usaha yang Cocok Dijalankan Fresh Graduate


Memulai usaha merupakan salah satu opsi untuk para Fresh Graduate sebelum memiliki pekerjaan tetap. Selain untuk menambah pengalaman dan mencari kesibukan, memulai usaha juga dapat menjadi penghasilan kedua mu ketika nanti sudah memiliki pekerjaan tetap. Jika kamu konsisten dengan usaha yang kamu jalankan, dan usaha tersebut berjalan dengan lancar maka kamu tidak perlu lagi untuk mencari pekerjaan. 

Karena untuk mendapatkan uang kamu tidak harus menjadi seorang karyawan. Hilangkan terlebih dahulu gengsi dan malu yang kamu miliki dengan alasan kamu adalah seorang sarjana. Selagi usaha tersebut kamu lakukan dengan halal dan tidak merugikan orang lain.

Ide Usaha yang Cocok Dijalankan Fresh Graduate

Menjadi Reseller

Bagi sarjana yang baru saja lulus pasti bingung akan bekerja dimana, jadi semua lowongan yang berkaitan dengan kemampuannya pasti akan dicoba. Sambil menunggu panggilan wawancara dari perusahaan yang dilamar, membuka usaha adalah salah satu solusi untuk menghilangkan bosan dan menambah penghasilan. Salah satu usaha yang dapat kamu coba adalah dengan menjadi reseller suatu produk. Menjadi reseller suatu produk merupakan salah satu cara yang sangat mudah tidak akan terlalu menyita tenaga setelah penatnya kamu mencari pekerjaan kesana kemari. 

Menjadi reseller juga dapat dilakukan secara online menggunakan media digital. Kita hanya tinggal dengan konsisten memasarkannya melalui media social. Dengan secara konsisten memasarkan suatu produk, nantinya para calon pembeli akan merasa tertarik dan membeli. Dan setelah ada pembeli tersebutlah barang dari reseller kamu ambil. Jadi selain mudah untuk dilakukan menjadi reseller juga minum akan modal. 

Tetapi sebelum memulai untuk menjadi seorang reseller terlebih dahulu kita harus mempelajari cara pemasaran menggunakan media social dengan baik. Tidak sulit, cara memasarkan di media social cukup buat konten yang menarik dan tidak berbelit belit.

Menjadi Konten Kreator

Menjadi konten creator di era digital saat ini adalah pilihan usaha yang sangat tepat. Tidak bisa lepasnya orang orang dari handphone dapat kita manfaatkan untuk menawarkan konten konten yang menarik. Memiliki waktu yang fleksibel, menjadi konten creator juga tidak sulit untuk dijalankan. Kita hanya harus lebih kreatif dan pintar melihat perkembangan isu yang sedang terjadi. 

Selain dengan mengikuti isu yang sedang berkembang kita juga dapat membuat konten konten hiburan yang tidak akan pernah mati karena perkembangan isu yang terus berjalan. Buat konten hiburan menarik dan selucu mungkin agar orang orang lebih tertarik. Kemudian edit semenarik mungkin agar lebih enak untuk dilihat

Menulis Blog

Bagi kamu yang suka menulis, menulis blog adalah salah satu usaha yang dapat kamu coba. Menjadi seorang fresh graduate tentunya sudah tidak asing dengan tulis menulis, untuk itu cara ini dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bosan sambil menunggu panggilan wawancara. Selain mendapatkan pendapatan tambahan sambil menghilangkan kebosanan, dengan menulis blog kamu juga akan lebih bermanfaat bagi orang banyak. Tulisan yang kamu tulis di blog tersebut nantinya akan memberi manfaat bagi orang banyak diluar sana dan akan  akan menjadi pahala jariyah untuk mu.

Menjadi Fotographer

Kegiatan foto memfoto tentunya tidak asing bagi kamu yang baru saja lulus dari perguruan tinggi. Kegiatan ini juga pastinya sering kamu lakukan dalam kegiatan sehari hari. Tidak harus menjadi fotographer profesional, terlebih dahulu kamu harus menyukai kegiatan foto. Kemudian kamu pelajari cara memfoto yang baik dan benar, setelah itu kamu dapat mencoba menjadi menjadi seorang fotographer sambil mendapatkan pekerjaan tetap.

Menjadi Desain Grafis

Desain grafis juga dapat kamu lakukan jika kamu memiliki kemampuan dalam kegiatan mendesain. Tidak harus memakai aplikasi photoshop yang memiliki tingkat kesulitan yang lumayan tinggi. Kamu dapat mencoba mendesain dengan aplikasi yang sederhana seperti Canva. Mendesain dengan canva tidak kalah menarik dengan aplikasi aplikasi lainnya jika kamu kreatif dalam membuatnya. 

Pertama tama kamu dapat menawarkan jasa mu pada orang orang terdekatmu. Seperti para pedagang yang membutuhkan jasa design untuk banner nya. Kemudian kamu juga bisa menawarkan jasa mu melalui media online. Konsisten melakukannya dapat membuat design mu semakin bagus dan mendatangkan banyak pelanggan.

Membuka Les Privat

Usaha selanjutnya yang dapat kamu coba adalah membuka jasa les privat. Manfaatkan ilmu yang kamu punya untuk mengajar anak anak yang membutuhkan ilmu mu. Selain mendapatkan penghasilan, ilmu yang kamu punya juga akan bermanfaat bagi orang lain. Kamu memiliki tiga opsi ketika ingin membuka jasa les privat, yang pertama dengan membuka sendiri dirumah mu, kedua dengan mendatangi satu persatu murid mu, dan yang ketiga kamu dapat bergabung dengan bimbel dan mengajar disana. Tinggal menyesuaikan waktu yang kamu miliki dan pilih salah satu opsi dari ketiganya.