7 Jenis Usaha Agribisnis yang Menguntungkan


Usaha di bidang agribisnis bisa dilakukan semua kalangan, bukan hanya untuk orang-orang yang hobi bercocok tanam saja. Karena untuk menjalankan usaha agribisnis sangat mudah dan modalnya pun tidaklah besar.

Kamu juga bisa memulainya secara kecil-kecilan dari rumah. Disamping lebih fleksibel, kamu tak perlu lagi mencari tempat untuk memulai usaha. Sehingga bisa menekan biaya operasional seperti sewa tempat dan lain-lain.

Penasaran apa saja peluang usaha agrobisnis yang menguntungkan dan patut dicoba ? Berikut 7 jenis usaha agribisnis yang berpotensi menghasilkan :

  • Budidaya Tanaman Hias

Beberapa tahun terakhir, tanaman hias semakin populer di tengah masyarakat. Dari yang muda hingga tua saling berlomba mengoleksi berbagai jenis tanaman hias, baik untuk dijual maupun mempercantik hunian.

Peluang usaha ini sangat menjanjikan karena sampai saat ini pun tanaman hias masih digemari. Selain itu, harga jualnya sangat beragam, dari puluhan ribu hingga ada yang mencapai puluhan juta rupiah.

Ada baiknya kamu membekali diri terlebih dahulu tentang cara perawatan, media tanam yang akan digunakan, dan karakteristik dari tanaman hias itu sendiri. Karena masing-masing tanaman mempunyai perbedaan dan perlakuannya tidak bisa disamakan.

  • Tanaman Hidroponik

Jika kamu tidak mempunyai cukup lahan untuk bercocok tanam, maka hidroponik bisa menjadi alternatif. Untuk media tanamnya, kamu cukup memanfaatkan barang-barang bekas di sekitarmu seperti botol plastik, ember, pipa, dan lain sebagainya. Dengan sistem hidroponik, maka kamu lebih menghemat biaya dan juga tempat.

Tanaman yang dibudidayakan dengan sistem hidroponik ini semakin banyak dicari. Pasalnya, tanaman hidroponik tidak ada kandungan pestisida, tidak mudah terserang hama, lebih higienis dan hemat air untuk mencuci.

  •  Berjualan Bibit Tanaman

Tanaman tidak bisa tumbuh dengan baik tanpa adanya bibit. Ini yang menjadi satu-satunya alasan mengapa bibit tanaman termasuk peluang usaha agribisnis yang menguntungkan. Ada berbagai macam bibit tanaman yang bisa dijual yaitu bunga, sayuran, buah, hingga rempah-rempahan. 

Akan tetapi, sebelum mulai menjalankan bisnis ini sebaiknya kamu perbanyak pengetahuan mengenai pembibitan tanaman. Sehingga kamu bisa menghasilkan bibit tanaman yang unggul. Bibit tanaman bisa kamu jual secara eceran maupun grosir yang biasanya dibutuhkan para pemilik lahan. Atau kamu juga bisa menawarkannya untuk dijadikan souvenir pernikahan.

  • Budidaya Jamur Tiram

Jamur tiram banyak ditemui di pasar-pasar dan pusat perbelanjaan seperti supermarket. Jenis ini memang paling disukai oleh masyarakat karena bisa diolah menjadi berbagai masakan.

Pangsa pasarnya pun tidak hanya perorangan, jamur tiram juga seringkali didistribusikan secara mentah ke beberapa restoran mewah. Namun akan lebih menguntungkan lagi jika kamu bisa mengolah jamur tiram mentah menjadi bahan masakan jadi, misalnya jamur crispy, sate jamur, dan lain-lain.

  • Memanfaatkan Bunga Potong

Selain tanaman hias, kamu juga bisa memanfaatkan bunga potong untuk dijual. Biasanya orang akan mencari bunga potong untuk diberikan kepada orang terdekat dalam bentuk buket, dekorasi pelaminan, karangan bunga, hingga acara pemakaman atau ziarah. 

Mengingat permintaan bunga potong untuk berbagai keperluan makin meningkat, maka usaha ini sangat berpotensi menguntungkan. Namun bunga potong cepat layu sehingga usaha ini agak riskan karena banyak yang akan terbuang jika belum laku terjual semua.

  • Budidaya Tanaman Obat

Usaha yang satu ini sebenarnya besar potensinya untuk bisa datangkan keuntungan. Hingga kini semakin banyak orang yang memilih menggunakan bahan alami dan tradisional. Terlebih sejak pandemi, berbagai pihak mulai menyarankan konsumsi herbal untuk menjaga imun tubuh. Begitu juga pada bidang kecantikan yang gencar memproduksi produk-produknya dengan bahan-bahan tersebut.

Ada banyak sekali jenis tanaman obat yang biasa digunakan untuk sehari-hari yaitu jahe, kunyit, sereh, temulawak, lengkuas, dan lain sebagainya. Kamu bisa menjualnya ke pasar-pasar atau mengolahnya menjadi ramuan jamu yang dikemas dalam botol. Sehingga bisa dititipkan ke jajanan pasar, minimarket atau secara online. 

  • Jualan Sayur dan Buah Organik

Kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuh semakin tinggi. Salah satunya dengan berhati-hati dalam memilih bahan makanan. Nah, peluang usaha ini bisa kamu coba karena sayur dan buah organik memang semakin digemari di pasaran. 

Jika kamu memiliki lahan yang cukup luas, tak ada salahnya untuk mencoba menjalankan usaha ini. Kamu bisa tanam berbagai jenis sayur dan buah, hanya saja tidak menggunakan bahan kimia berbahaya seperti pestisida. 

Namun jika terbatas pada lahan dan modal, kamu bisa mulai dengan menjadi seorang reseller. Cukup cari supplier atau pengepul sayur dan buah organik, kemudian tawarkan ke konsumenmu.

Itulah tadi 7 jenis usaha agribisnis yang bisa kamu coba dan tentunya menjanjikan. Namun sebelum memulainya, jangan lupa untuk menggali informasi dan pengetahuan terlebih dahulu mengenai jenis usaha yang akan kamu jalankan