Peluang Usaha Menarik di Dunia Peternakan


Karena itulah apabila kamu memang tertarik pada peternakan maupun pertanian dan ingin melakukannya di desa, sudah pasti peluangnya sangat besar. Kamu dapat memilih ingin membeli lahan atau hanya menyewa tanah milik warga untuk dijadikan peternakan atau lahan pertanian.

Tentunya bisnis di dunia peternakan ataupun pertanian sangatlah potensial apalagi Indonesia memang diberikan anugerah yang besar oleh Tuhan sebab tanaman jenis apapun atau hewan apa saja yang dikembangkan di negara ini bisa berkembang biak dengan baik dan tentunya akan memberikan keuntungan yang besar.

Peluang bisnis di dunia peternakan

Tentunya kamu pernah mendengar lagu dari salah satu band legendaris Indonesia yaitu kolam susu, di mana pada liriknya mengatakan bila “tongkat kayu dan batu jadi tanaman”, hal ini sangatlah dipercayai oleh banyak orang.

Namun, bagi kamu yang masih bingung kira-kira hewan ternak apa sajakah yang bisa memberikan keuntungan besar dan tentunya dalam jangka waktu yang panjang. Berikut di bawah ini adalah beberapa hewan yang cocok dijadikan ternak dan dirawat di pedesaan :

1. Berternak sapi

Sapi adalah salah satu hewan yang paling banyak diminati di negara ini. Hal ini sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Ya, karena setiap Idul Adha, proses penyembelihan membutuhkan sapi sebagai pengabdian kepada Allah SWT.

Tidak hanya saat Idul Adha, saat Idul Fitri juga daging sapi sangat dibutuhkan untuk melengkapi lauk di hari raya. Dengan permintaan yang begitu tinggi, tak jarang pemerintah harus mengimpor sapi. Tentu saja, melihat harga pasar yang tinggi memberi banteng ini peluang besar untuk tumbuh. 

Tentunya jika kamu ingin ternak sapi, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan dana terlebih dahulu untuk membeli sapi, dan juga menyiapkan lahan. Kamu juga harus tahu bahwa memulai bisnis membutuhkan banyak uang, mengingat harga banteng yang naik setiap tahun. Tapi manfaatnya akan sebanding.

Jika Kamu akan membeli ternak dan tanah, siapkan gaji untuk seseorang yang Kamu percaya untuk mengelola ternak. Selain daging dan susu yang bermanfaat, tentunya kotoran sapi juga bermanfaat. Hal ini sering diolah menjadi bahan bioreaktor untuk menghasilkan gas untuk dapur. Di Indonesia, masyarakat Boyolali telah mengubah kotoran sapi menjadi gas alam.

2. Berternak kambing

Sama halnya dengan sapi, kambing juga memiliki peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Saat Idul Adha tiba, hewan ini akan banyak dicari, sehingga cocok sebagai industri peternakan yang menjanjikan. Selain Idul Adha, daging kambing banyak diminati oleh para penjual sate dan gula baik di perkotaan maupun pedesaan.

Di mana daging menjadi favorit semua kalangan dan usia, bukan? Cukup terjangkau dibandingkan dengan modal ternak yang harus disiapkan untuk kambing. Mengingat harga hewan in memang tidak sampai puluhan juta.

Nah, jika Kamu ingin berbisnis kambing, prosesnya hampir sama dengan bisnis sapi. Perbedaannya hanya pada persiapan kandang kambing, karena kambing bukanlah hewan yang mudah dikelola. Oleh karena itu, buatlah kandang yang cukup rapat agar kambing tidak mudah keluar.

3. Beternak ayam kampung

Peternakan ayam juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Karena ayam ini sudah memiliki pasar tersendiri, terutama di kalangan pengusaha kuliner. Ayam kampung juga bisa dilihat dan dinikmati saat hari raya, sehingga harga dari ayam kampung akan cenderung naik menjelang hari raya.

Ayam kampung ini digemari karena selain enak juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan yang terpenting, tidak mengandung bahan berbahaya bagi orang yang memakannya, setuju? Jika Kamu berencana untuk memulai bisnis peternakan ayam kampung, yang harus dimiliki adalah halaman yang luas untuk membangun kandang.

Sebagai gantinya, untuk membuat kandang bagi ayam kampung sendiri, ada baiknya menggunakan pagar bambu untuk menutup kandang, tujuannya agar ayam tidak kabur dan jangan lupa, buatlah kandang yang sesuai agar mereka bisa bergerak dengan sebaik mungkin.

4. Berternak Lele

Sudah pernah mencoba masakan pecel lele? Atau mungkin Kamu salah satu orang yang menyukai makanan ini sehingga sering menjadikan ikan bersungut ini lauk? Jadi berapa banyak pengusaha kuliner pecel lele yang pernah Kamu temui di jalan, terutama di kota-kota besar di Indonesia? Pastinya banyak sekali.

Jadi, pernahkah Kamu berpikir untuk dapat menjadikan salah satu pedagang ikan lele? Atau menjadi pengusaha lele? Apapun pilihannya yang jelas peminat lele ini cukup tinggi. Jadi, pengusaha yang mampu membudidayakan lele atau pecel lele akan mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Namun, jika Kamu memilih untuk menjadi pembudidaya lele, tidak ada salahnya, hal itu mudah dilakukan. Karena lele memiliki vitalitas yang luar biasa meski airnya sangat keruh. Tidak hanya itu, pakan lele pun sudah tersedia, sehingga bisnis lele ini bisa menjadi bucket list Kamu nantinya.