Suka Buat Konten? Yuk Jelajahi Peluang Berbisnis Konten dengan Podcast

Suka Buat Konten? Yuk Jelajahi Peluang Berbisnis Konten dengan Podcast

Kamu suka buat konten? Kamu wajib tahu mengenai kegemaranmu yang dapat menghasilkan cuan. Simak artikel ini sampe habis, ya!

Mungkin disaat kamu pulang dari kantor, kamu akan sering ditemani oleh salah satu siaran di audio podcast dan mendengarkannya menggunakan earphone atau headsetmu sembari kamu melakukan perjalanan pulang.

Atau disaat kamu yang tengah berada di rumah. Sembari istirahat tentunya kamu sering mendengarkan podcast-podcast dari berbagai konten creator yang telah banyak bermunculan di akun Youtube.

Seperti yang telah kamu tahu, bahwa fenomena akan podcast semakin menjamur di tengah kita dan masyarakat Indonesia. Terutama dikalangan milenial, gen Z, sampai ke generasi muda lainnya mengakses siaran audio ini.

Ditambah dengan para creator yang semakin banyak muncul dan membawa karakteristik khas mereka sembari membawakan berbagai macam obrolin dengan topik-topik tertentu. Entah itu puisi, pengetahuan, hiburan, informasi & berita, dan tentunya masih banyak ragamnya.

Tak perlu diragukan lagi bahwa podcast telah mulai dilirik oleh berbagai kalangan. Terutama dari kalangan yang memang fokus didalan industri kreatif dan menjadikan podcast salah satu yang mempunyai potensi bisnis bagus.

Potensi Bisnis melalui Podcast

Semakin banyaknya orang yang menikmati sebuah podcast, tentunya semakin banyaknya peluang yang terjadi dari segi bisnisnya. Sekarang ini telah banyak sekali para creator podcast yang sudah menjalin kerjasama secara eksklusif dengan beberapa platform audio untuk dapat menyiarkan podcast-podcast mereka.

Salah satu yang saat ini digandrungi adalah podcast yang bernama Rapot. Anggota Rapot sebelumnya memiliki profesi sebagai seorang penyiar radio. Yang berawal dari keisengan mereka saja, mereka akhirnya mampu untuk mendulang banyak rupiah yang mereka hasilkan dari podcast.

Tema yang mereka bawakan untuk program podcast mereka bertajuk obrolan yang berputar akan kehidupan sehari-hari dan dikemas secara ringan serta penuh canda tawa. Setiap minggunya, secara rutin rapot dapat memproduksi konten-konten yang menarik. Kinipun rapot telah semakin berkembang dan tentunya terus memproduksi kontan-konten podcast tentunya secara professional.

Hingga di tahun 2020, mereka telah menghasilkan lapangan pekerjaan baru dan telah mempekerjakan orang sebanyak 52 kepala untuk proses produksinya. Seperti yang dapat kamu lihat, bisnis podcast saat ini sangat menjanjikan bukan?

Suka Buat Konten? Yuk Jelajahi Peluang Berbisnis Konten dengan Podcast

Cara menghasilkan cuan melalui bisnis podcast

Berikut beberapa cara yang dapat kamu jadikan sebagai acuan bagaimana cara mendapatkan cuan dari bisnis podcast, diantaranya :

  • Pendapatan yang diperoleh dari iklan

Iklan tentunya menjadi sumber utama akan potensi pendapatan yang akan kamu dapatkan dari bisnis podcast. Setidaknya hal ini dapat dilihat berdasarkan atas riset yang telah dilakukan oleh PWC (PricewaterhouseCoopers) dimana pendapatan iklan dari podcast secara global, telah diproyeksikan sekitar US$ 864juta yang terjadi di tahun 2020. Sedangkan pendapatan akan podcast berpotensi terus naik hingga US$ 147triliun.

Di Indonesia memang belum mempunyai data yang spesifik akan proyeksi nilai dari pengiklanan untuk podcast itu sendiri. Namun, hal ini tentu bukanlah suatu halangan bagi kaum industri pordcast untuk dapat terus berkembang.

Apalagi keberadaannya yang sudah sangat familiar dan berada ditengah-tengah masyarakat Indonesia.

Jika kamu memang berniat membangun bisnis di bidang podcast ini, kamu harus selalu ingat jangan pernah melalaikan kewajibanmu dalam mengatur keuangan bisnismu.

  • Monetasi bisnis podcast di Anchor

Potensi akan pendapatan lain yang akan didapat dari bisnis podcast adalah melalui monetasi di Anchor.

Anchor merupakan media podcast hosting yang gratis dan dapat memberikan banyak peluang untuk kamu dalam melakukan monetasi podcast. Nantinya, secara otomatis Anchor akan memberikan slot-slot iklan untuk setiap episode di podcastmu.

  • Konten Eksklusif

Pendapatan yang dapat kamu hasilkan dari podcast juga dapat bersumber dari konten eksklusif yang mana nantinya kamu melakukan kerjasama secara eksklusif dengan beberapa platform audio streaming dengan contoh seperti google podcast, apple podcast, dan spotify.

Untuk dapat mencapai hingga melakukan kerjasama secara eksklusif, kamu membutuhkan banyak waktu dan tentunya kerja keras karena semua penyedia platform tersebut telah mempunyai kriteria mereka sendiri didalam memilah dan memilih akan podcast mana yang tentunya cocok dan dapat diberikan kontrak akan kerjasama secara eksklusif tersebut.

Itulah beberapa gambaran mengenai cara mendapatkan cuan dari bisnis podcast. Semoga menjabaran tersebut dapat membuat kamu yang hobi membuat konten untuk dapat terus berkembang dan dapat menjalankan bisnis podcastmu sendiri hingga kamu dapat menjalin kerjasama secara professional dan eksklusif.

Dan perlu kamu ingat dan garis bawahi bahwa membuat bisnis podcast itu harus menggunakan ide-ide yang kreatif dan tentunya harus menarik supaya orang-orang suka mendengarkan podcastmu.

Dengan ketekunan dan kerja keras, yakinlah kamu akan menjadi salah satu pebisnis podcast yang kreatif, menarik, dan besar. Semangat terus ya! 


Leave a Reply

Your email address will not be published.