Jangan Minder jadi Orang Desa, Yuk Buka Usaha di Desamu! 

Jangan Minder jadi Orang Desa, Yuk Buka Usaha di Desamu! 

Ketika mendengar kata pengusaha sukses pasti yang terlintas dipikiran kita adalah usaha di kota besar. Padahal tidak semua pengusaha sukses berkecimpung di daerah perkotaan. Mencari pekerjaan di kota besar tidak menjamin kita untuk cepat mendapatkan pekerjaan. 

Persaingan yang semakin ketat membuat pekerjaan semakin sulit untuk didapatkan. Jaman dulu banyak orang dari desa pergi ke kota untuk mengadu nasib mencari kerja. Dengan susahnya mencari kerja membuat sebagian orang malas untuk berangkat ke kota, sehingga menambah jumlah pengangguran.

Bagi Anda yang tinggal di daerah pedesaan sebenarnya mudah saja untuk membuat usaha sendiri. Karena menjadi seorang pengusaha juga lebih fleksibel, baik fleksibel secara waktu, maupun fleksibel secara tempat. Asalkan kita pandai-pandai dalam mencari peluang di tempat dimana kita berada. 

Pada era modern ini masyarakat desa bukanlah lagi orang-orang yang ketinggalan jaman. Bahkan banyak orang desa yang sudah berpendidikan tinggi. Kecuali memang desa yang benar-benar terpencil dan belum banyak berkembang. Berikut ini adalah beberapa contoh usaha yang dapat Anda jalankan di desa: 

 

1. Warung Sembako & Sayur

Berjualan kebutuhan sehari- hari dan bahan masakan pasti banyak dicari oleh masyarakat sekitar. Karena jarak desa yang lumayan jauh dari perkotaan membuat orang malas untuk menempuh jarak yang cukup jauh. Selain boros bensin juga boros tenaga. 

2. Voucher, Pulsa & Token Listrik

Banyaknya produsen handphone dengan harga terjangkau membuat hampir semua orang mempunyai barang elektronik satu ini, tak terkecuali masyarakat desa. Bahkan handphone adalah barang yang wajib dimiliki. 

Selain mempermudah komunikasi, juga sebagai media informasi dan hiburan. Begitu pula dengan sudah banyaknya desa yang memiliki aliran listrik, untuk membeli token listrik pun mereka harus menempuh jarak yang lumayan jauh. Dengan membuka counter atau sekedar berjualan di rumah pasti banyak dicari orang. 

usaha di desa

3. Beternak 

Jika Anda memiliki lahan di desa kenapa tidak dimanfaatkan? Anda bisa memulai usaha beternak unggas atau ruminansia jika memiliki lahan yang cukup luas. Untuk yang memiliki lahan kecil, Anda tidak perlu kecil hati, beternak ikan dapat Anda jalankan dengan memanfaatkan lahan kecil. 

Hewan ternak yang cukup populer diternakkan adalah ayam petelur dan ikan lele atau ikan nila. Pastikan tetangga tidak terganggu oleh limbahnya ya! Lebih baik Anda membuat kandang dan kolam yang agak jauh dari lingkungan rumah. Promosikan ke tetangga di desa agar menjadi pelanggan.

4. Membuka Jasa Rias & Salon Kecantikan

Siapa bilang di desa tidak membutuhkan jasa rias dan perawatan salon? Bagi Anda yang masih perias pemula bisa saja membuka salon rias di desa. Masyarakat desa umumnya tidak banyak rewel soal riasan. Tapi tentu saja Anda harus memberikan yang terbaik agar klien puas. Beli produk riasan yang biasa saja, asalkan hasilnya memuaskan. 

Beberapa contoh ide usaha tersebut dapat Anda jadikan referensi usaha bagi Anda yang tinggal di pedesaan. Jangan lupa berikan harga yang terjangkau, mengingat mayoritas penduduk desa adalah kalangan menengah kebawah. Namun jangan lupa untuk selalu menjaga kualitasnya agar banyak orang yang menjadi pelanggan. 

Lebih baik lagi jika Anda mampu merekrut pemuda-pemuda desa untuk gabung di usaha Anda. Mencari uang sekaligus membantu mengurangi jumlah pengangguran di desa. Dan ingat, sepintar-pintarnya seorang pengusaha adalah mereka yang pandai mencari peluang dimanapun mereka berada. Two thumbs up for you!


Leave a Reply

Your email address will not be published.